Pengujian Kabel Pada Jaringan

Pentingnya menguji kabel dalam jaringan


Oke... Selamat datang di blog saya yang sudah agak lama dibuat namun hanya beberapa postingan. Semoga anda membaca artikel ini sampai bawah gak cuma sampai sini saja karena sangat penting dalam membangun sebuah jaringan.

Karena yang saya bahas tentang pengujian kabel pada jaringan, jadi sudah tau langkah awal yang harus dipersiapkan ? Ya betul, persiapkan peralatan dan kabel jaringan. Sudah tau kan cara membuat kabel jaringan ? akan saya bahas nanti diartikel lain :D.


Pada saat kita membuat kabel jaringan harus antisipasi agar tidak memakan banyak waktu jika memang terjadi gagal, kan gak enak pas sudah selesai membuat sebuah jaringan lokal ternyata gagal tidak terhubung kedalam jaringan. Maka dari itu kita harus dapat antisipasi dengan cara menguji terlebih dahulu hasil membuat kabel jaringan sebelum di aplikasikan pada komputer.


Menguji Kabel Secara Hardware :

  • Teslah kabel jaringan dengan tester lan, apabila warna-warnanya aktif dan berturut-turut sesuai dengan jenis kabelnya maka kabel jaringan oke.
  • Perhatikan lampu indikator NIC nya. kalau warna hijau maka jaringan sudah oke.
  • Perhatikan lampu indikator di hub atau switch apabila menyala maka jaringan sudah jalan.


Menguji Kabel Secara software :

  • Find computer pada neighbourhood indikasi bola telah terhubung adalah akan ditemukan komputer name yang sesuai dengan pencarian jika computare namenya benar.
  • Double klik pada ikon neighbour akan muncul komputer name,selain computer name milik kita sendiri
  • Windows explorer pada drive network neighbour hood akan muncul computer name selain milik kita sendiri.
  • Ping IP addres komputer lain, maka akan mendapat balasan pengiriman data dari komputer yang kita hubungi sedang aktif dan dalam sistem jaringan yang sama dengan kita contoh.

Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Troubleshooting Pada Data Link Layer

Soal & Jawaban UTS Matematika